Pemkot Yogyakarta Gencarkan Vaksinasi di Gereja Katolik

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memantau vaksinasi Covid-19. (Foto: Pelopor/warta.jogjakota.go.id)

Pelopor.id | Jakarta – Pemerintahan Kota (Pemkot) Yogyakarta terus melakukan tindakan preventif untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, salah satu cara sosialisasi protokol kesehatan (prokes) tersebut dengan menggunakan kendaraan roda empat yang sudah disediakan dan berputar di arah kota, untuk mengingatkan warga mengimplementasikan prokes.

Selain itu, Pemkot Yogyakarta juga terus menggencarkan vaksinasi, dan kali ini yang menjadi sasaran adalah pengurus pastoral Gereja Katolik yang ada di Kota Yogyakarta, dengan total 1215 peserta.

Bacaan Lainnya

“Melalui sentra tersebut nanti warga bisa langsung datang, didaftarkan di situ juga dan langsung divaksin saat itu juga sepanjang sesuai persyaratan.”

“Pemkot melalui Satgas penanganan Covid-19 tidak henti-hentinya mempromosikan vaksin sehingga masyarakat siap untuk divaksin, khususnya bagi mereka yang masuk di usia pra-lansia dan lansia,” kata Haryadi saat meninjau vaksinasi di Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Jumat, (18/6/2021).

Ia mengapresiasi GL Zoo karena telah menyediakan tempat, dan berpesan agar metode kerja sama vaksinasi antar instansi atau institusi, baik pemerintah maupun BUMN atau swasta seperti GL Zoo, juga dapat diterapkan di tempat lain.

“Ini adalah contoh kerja sama yang baik. Jadi kalau ada yang berinisiatif seperti ini, mau menyediakan tempat, silahkan bilang ke Pemkot Yogyakarta. Kita siap datang bawa vaksin dan petugas, syukur-syukur kalau vaksinatornya juga disediakan,” katanya.

Baca Juga :   Sandiaga Uno: Bali akan Terapkan Wisata Berbasis Vaksin

Hingga saat ini, sudah ada 32 fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta yang melayani vaksinasi Covid-19, seperti puskesmas, rumah sakit dan klinik.

Wali Kota menegaskan, Pemkot Yogyakarta akan terus menambah fasilitas layanan kesehatan untuk melayani vaksinasi Covid-19.



Pemkot Yogya juga berencana membentuk sentra vaksin di berbagai lokasi, untuk mendukung percepatan vaksinasi yang menyasar masyarakat umum, salah satunya akan didirikan di kompleks Balaikota Yogya. 

“Beberapa lokasi juga kita siapkan seperti di Lippo Mal serta lokasi lain. Kalau nanti segala sesuatunya sudah siap akan langsung kita sosialisasikan,” katanya.

Keberadaan sentra vaksin adalah untuk memudahkan dan mempercepat teknis vaksinasi bagi masyarakat, sehingga warga tidak perlu bingung dalam menghadapi pendataan pra vaksin.

“Melalui sentra tersebut nanti warga bisa langsung datang, didaftarkan di situ juga dan langsung divaksin saat itu juga sepanjang sesuai persyaratan. Itu upaya kita agar ada percepatan,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. []