Bahlil Lahadalia: Perakit iPhone Investasi Besar-besaran di Indonesia

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto:Pelopor.id/Fb BKPM)

Pelopor.id – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, Foxconn bakal investasi besar-besaran di sektor kendaraan listrik Indonesia. Menurutnya, Perusahaan perakit iPhone asal Taiwan itu, bakal mengucurkan investasi sebesar Rp113 triliun. Bahlil mengungkapkan, sudah 20 tahun Indonesia mengejar investasi dari Foxconn, dan akhirnya kini bisa terwujud.

“Kemarin saya tanda tangan MoU dengan Foxconn, 20 tahun kita kejar mereka nggak masuk-masuk. Kemarin mau tanda tangan, dan akan masuk investasi Rp 113 triliun,” tutur Bahlil dalam Indonesia Economic Outlook 2022 HIPMI, Selasa (25/1/2022).

Dengan Investasi tersebut, Foxconn bakal memperkaya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan akan membuat motor dan mobil listrik, kemudian komponen baterai kendaraan listrik. Selain itu menurut Bahlil, Foxconn juga bakal memindahkan sebagian volume pabrik sparepart telekomunikasi ke Indonesia dari Tiongkok. Pabrik mereka, akan dibuat di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

“Jadi dengan ini, ke depan Indonesia akan menjadi negara industri manufaktur terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Menteri Investasi.

Bahlil juga memastikan, setelah Foxconn, Volkswagen dan BASF juga akan berinvestasi mendukung mobil listrik di Indonesia. Terkait hal itu, dirinya sudah berdiskusi dengan dua perusahaan tersebut saat berkunjung ke Eropa. Lebih lanjut, pada Februari mendatang, pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang akan segera beroperasi.

“Kita sudah groundbreaking untuk produksi 10 GWh dengan nilai investasi USD 1,2 miliar. Tahun ini kita akan bangun precusor dan cathode-nya di Batang,” tandas Bahlil. []

Baca Juga :   Menteri Investasi Bilang Pelaku Usaha Minta Pilpres 2024 Ditunda, Benarkah?

Pos terkait