Garuda Rumahkan Sebagian Besar Pilot dan Potong Gaji Karyawan Hingga 50%

0
Garuda Rumahkan Sebagian Besar Pilot dan Potong Gaji Karyawan Hingga 50%. (Foto: Pelopor.id/Garuda Indonesia)

Pelopor.id – Karyawan Garuda Indonesia mengalami pemotongan gaji. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pemotongan dilakukan mulai dari 30 sampai 50 persen.

Pemotongan dilakukan mulai dari level direksi, komisaris, hingga karyawan biasa. Pemangkasan ini dilakukan dalam rangka memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.

“Kita hari ini melakukan aksi terhadap beban biaya karyawan. Seluruh orang di Garuda itu dipotong gajinya, semua termasuk kami direksi. Saya tanda tangan, komisaris juga. Dipotong gajinya 50%,” tutur Irfan, Jumat (24/12/2021).

Irfan menjelaskan, saat ini perusahaan tengah melakukan berbagai efisiensi. Kondisi keuangan Garuda masih belum sehat. Utang Garuda saat ini mencapai 138 koma 4 triliun rupiah.

Selain itu, Garuda juga tengah dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Proses PKPU ini dinilai akan lebih memudahkan perusahaan untuk bernegosiasi dengan lessor karena jumlahnya yang sangat banyak.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. (Foto:Pelopor.id/ist)

Direksi dan komisaris pemotongannya 50 persen, demikian juga karyawan dengan gaji diatas 28 juta. Sementara yang gajinya dibawah 28 juta akan dipangkas 30 persen.

Selain melakukan pemotongan gaji, Garuda Indonesia juga memutuskan untuk merumahkan sebagian besar pilotnya. Sebab jumlah pilot yang banyak, tak berimbang dengan jumlah pesawat yang diterbangkan perusahaan. []