Menko Luhut: Cegah Penyebaran Omicron Karantina Jadi 14 Hari

0
Menko Luhut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:Pelopor/Kemenko Marves)

Pelopor.id – Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pemerintah mewajibkan karantina selama 14 hari bagi WNI yang baru melakukan perjalanan dari daftar negara terlarang masuk ke Indonesia.

Karantina selama 14 hari dilakukan, guna mencegah penyebaran varian Omicron di tanah air. Tercatat, Indonesia telah melarang warga dari 11 negara yang terjangkit varian omicron untuk masuk ke tanah air.

PPKM Jawa Bali
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:Pelopor.id/YouTube Setpres)

Ke-11 negara itu diantaranya adalah Afrika Selatan, Zimbabwe, Malawi, Angola, Zambia hingga Lesotho. Awalnya Hong Kong masuk dalam daftar terlarang, namun belakangan posisi Hong Kong telah di keluarkan dari daftar larangan.

Menko Luhut juga meyakini, perekonomian Indonesia masih terkendali meski ditemukan adanya varian Covid-19 Omicron. Sebab, data-data perekonomian masih menunjukkan hasil yang positif.

“Ekonomi menurut kami semua masih terkendali, masih cukup baik. Data-data kami menunjukkan baik, tapi kan semua ini kita akan lihat per minggu,” tutur Luhut dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Meski demikian, Luhut menggaris bawahi bahwa tidak ada satu pihak pun yang bisa menentukan kondisi ekonomi dalam hitungan beberapa bulan saja. Termasuk untuk perekonomian dunia.

“Jadi tidak ada satu orang pun saya kira di dunia ini yang mampu meramalkan ekonomi ini lebih dari tiga bulan,” tandasnya. []