Indonesia Fund Festival 2021 Jaring UKM dan Startup Potensial

0
Indonesia Fund Festival (IFF) 2021 akan dilaksanakan pada 14 Desember 2021 di Jakarta Concert Hall. (Foto: Pelopor/KemenkopUKM)

Pelopor.id | Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) berkolaborasi dengan MNC Group, Orbit Future Academy dan Inkubator Siger Innovation Hub dalam mendukung perkembangan ekonomi nasional melalui event berskala internasional, yaitu Indonesia Fund Festival (IFF) 2021.

IFF 2021 akan dilaksanakan pada 14 Desember 2021 di Jakarta Concert Hall, Gedung iNews Tower. Ini adalah ajang pertemuan atau business pitching antara tenant inkubator wirausaha binaan LPDB-KUMKM dengan calon investor, baik lokal maupun internasional.

Sebelum kegiatan IFF 2021 dimulai, para tenant telah mengikuti sejumlah assessment terlebih dahulu menggunakan tools Investor Readiness Ratio (IRR).

Setelah assessment dilakukan terhadap lebih dari 100 tenant pendaftar, maka terpilihlah 13 tenant terbaik, ditambah beberapa startup terbaik dari seluruh Indonesia yang lolos seleksi dan dapat mengikuti pitching bersama investor.

Namun untuk mempersiapkan diri sebelum pitching, para tenant dan startup tersebut akan mengikuti bootcamp pada 08-11 Desember 2021.

Dalam keterangan tertulis, Co-Founder Orbit Future Academy Sachin V. Gopalan mengatakan, IFF 2021 adalah ajang yang sangat tepat bagi pengembangan ekosistem startup di Indonesia. Selain memberikan akses kepada investor, para tenant inkubasi dan UKM juga diberikan kesempatan mendapatkan pelatihan dalam bootcamp.

Sachin juga mengatakan, IFF 2021 menjadi ajang penting untuk para investor, baik domestik maupun asing, dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia dan juga meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.

Saat ini, rasio kewirausahaan di Indonesia tercatat mencapai 3,47 persen dari total populasi. Pemerintah menargetkan rasio tersebut bisa naik menjadi 4 persen pada tahun 2024.

Sachin pun mengajak para investor maupun startup di Indonesia untuk bergabung dalam event IFF 2021. “Anda dapat mendaftar sebagai investor di situs web inkubator.lpdb.id. Dalam web tersebut, terdapat virtualbooth dari tenant-tenant terpilih kami. Untuk para startup yang terpilih, saya mendorong Anda untuk memberikan penawaran terbaik sehingga Anda bisa mendapatkan dana investasi yang dapat mewujudkan mimpi bisnis Anda,” ujarnya. []

Baca juga: KemenKopUKM Luncurkan Portal Nasional SMEsta.id