Langgar Paten, Rusia Larang Samsung Jual 61 Model Smartphone

0
Samsung
Ilustrasi logo perusahaan teknologi Samsung (Foto: Pelopor.id/REUTERS/Dado Ruvic)

Pelopor.id | Pengadilan Arbitrase Moscow melarang Samsung menjual 61 model smartphone di Rusia. Alasannya, paten yang dimiliki Samsung Pay dianggap menyerupai sistem pembayaran milik perusahaan yang berbasis di Swiss, Sqwin Sa.  Sementara Sqwin Sa sudah mendaftarkan paten layanan pembayaran elektroniknya di Rusia lebih dulu dibandingkan Samsung.

akibat adanya gugatan kekayaan intelektual yang berkaitan sistem Samsung Pay. Gugatan itu diajukan perusahaan asal Swiss, SQWIN SA, yang menuduh Samsung Pay melanggar paten sistem pembayaran elektroniknya yang sudah terdaftar di Rusia.

Victor Gulchenko mengajukan paten untuk sistem transaksi online pada 2013. Kemudian, paten itu diberikan kepada Sqwin Sa. Sedangkan Samsung Pay yang diluncurkan secara global pada 2015, masuk ke pasar Rusia pada 2016.

Di sebutkan, Samsung telah mengajukan banding atas keputusan larangan penjualan ponselnya, yang mencakup model-model terbaru seperti seri ponsel layar lipat Samsung.

Sebelumnya, keputusan pengadilan, tertanggal 27 Juli, telah menguatkan klaim SQWIN SA, namun prosesnya terus berjalan hingga putusan terbaru pengadilan Moscow pada bulan ini. []