Terjun ke Bisnis Media Sosial, Paypal akan Akuisisi Pinterest

0
Paypal akan mengakuisisi Pinterest
Paypal akan mengakuisisi Pinterest. (Foto:Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id – Paypal, Perusahaan layanan jasa keuangan, dikabarkan akan mengakuisisi Pinterest. Dengan demikian, perusahaan tersebut akan terjun ke media sosial.

Paypal disebutkan akan membeli Pinterest dengan harga 70 dolar Amerika per saham dengan total 45 miliar dolar Amerika atau setara 630 triliun rupiah.

Harga saham Pinterest naik lebih dari 13 persen menyusul berita akuisisi tersebut. Hal itu membuat perdagangan sahamnya dihentikan sementara.

Sedangkan, saham PayPal malah turun 3 setengah persen. Padahal, perusahaan mencatat pertumbuhan yang luar biasa sejak pandemi. Dalam 12 bulan terakhir, saham PayPal telah naik 36 persen.

PayPal, didirikan pada tahun 1998 oleh sekelompok investor termasuk Peter Thiel dan Elon Musk, dimulai sebagai cara untuk membayar barang secara online pada saat banyak konsumen masih mengandalkan cek kertas atau uang tunai. Sejak itu, perusahaan telah mengumpulkan lebih dari 400 juta pengguna.

Tahun lalu, Paypal mengakuisisi aplikasi kupon dan perbandingan harga Honey Science senilai 4 miliar dollar Amerika. Melalui akuisisi ini, Paypal mendapatkan akses ke data berharga tentang kebiasaan membeli konsumen. []