Desa Tete Batu yang Wakili Indonesia di Ajang BTV, Populer Sejak Dekade 60an

0
Desa Tete Batu
Desa Tete Batu. (Foto: Pelopor.id/rockstarticket)

Pelopor.id | Jakarta – Desa Tete Batu di Kecamatan Sikur, Lombok Timur, terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Best Tourism Village (BTV) yang digelar United Nation World Tourism organization (UNWTO). Tete Batu, dipilih lantaran keberadaannya sebagai salah satu desa wisata tua yang populer sejak dekade 60-an. Bahkan pertumbuhan desa wisata, disebut berawal dari Tete Batu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menyampaikan, terpilihnya Tete Batu mewakili Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri Lombok Timur. Ini, disampaikannya pada Temu Pers terkait ditunjuknya Tete Batu mewakili Indonesia dalam ajang  tersebut yang berlangsung, Senin, 2 Agustus 2021.

Terkait hal itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur atas upaya mereka mempersiapkan berbagai dokumen dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengikuti ajang tersebut.

Tete Batu, terpiliih dari 75 ribu desa yang ada di Indonesia, Momentum ini akan membawa pariwisata NTB, khususnya Lombok Timur ke kancah Internasional. Oleh sebab itu, Juaini berharap dukungan semua pihak, termasuk media setempat untuk suksesnya Tete Batu di ajang tersebut.

Tokoh Pariwisata Nasional asal NTB, Taufan Rahmadi yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menetapkan Tete Batu pada prioritas A berdasarkan konfirmasi yang diberikan oleh Bapak Vinsen Jamadu selaku Deputi Destinasi dan Infrastruktur.

Vinsen menjelaskan, sebuah negara memiliki kesempatan untuk mencalonkan sampai dengan tiga desa wisata. Sedangkan hingga saat ini baru Tete Batu yang sudah ditetapkan sebagai wakil Indonesia, sementara calon lainnya masih dipersiapkan.

Diajukannya Tete Batu ini, diyakini akan berdampak terhadap desa-desa lainnya di Lombok Timur, termasuk di NTB. Menurut Ketua Unsur Penentu Kebijakan BPPD Lotim Muhammad Nursandi, pengajuan Tete Batu menjadi bagian dari program kerja BPPD Lombok Timur dalam 30 hari pertama periode jabatannya.

Upaya tersebut, untuk mengejar ketertinggalan pariwisata Lombok Timur yang dinilai mengalami pertumbuhan yang cukup lambat. Nursandi juga menyebut, masih banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai kelengkapan,  sehingga dukungan semua pihak sangat dibutuhkan.

Adapun desa Tete Batu terletak di kaki gunung Rinjani, Lombok. Desa tersebut didiami oleh masyarakat suku Sasak yang merupakan suku asli pulau Lombok. Lantaran berada di kakii gunung Rinjani sudah tentu pemandangan disana sangat indah dan cantik. Di desa ini, selain bisa berinteraksi dengan penduduk lokal suku Sasak, pengunjung juga bisa menikmati suasana pedesaan yang benar-benar fresh.

Turut menghadiri acara Temu Pers di Rupatama 1 Kantor Bupati Lotim tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur. Adapun Pemenang acara BTV UNWTO 2021 akan diumumkan pada sidang umum PBB oktober 2021 mendatang. []