Pelopor.id | Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) sejak tahun lalu berkolaborasi dengan marketplace Shopee menggelar program Live Shopping Produk UKM. Ini, merupakan program belanja online yang ditekankan pada subsektor Kuliner, Fesyen & Kriya, serta Kesehatan & Kecantikan.
“Selama pandemi ekonomi digital tumbuh positif 38% dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital.”
Upaya KemenkopUKM ini, tidak hanya bertujuan sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM agar dapat bangkit di masa pandemi ini, tapi juga memiliki perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya.
“Mendorong digitalisasi menjadi salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional. Selama pandemi ekonomi digital tumbuh positif 38% dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital,” tutur Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Pelopor.id, Jumat, 16 Juli 2021.
“Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis & pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini,” sambung Teten.
Sementara Shopee, sebagai sebagai wadah pemasaran dan penjualan produk UKM di nusantara, mendukung penuh program ini dengan ambil bagian di setiap tahapannya. Ketiga sektor yang menjadi penekanan pada Live Shopping Produk UKM ini, mempunyai nama masing-masing seperti Festival Adiwarna (Fesyen), Kolaborasa (Kuliner), Kirana (Kesehatan & Kecantikan).
Program Live Shopping Produk UKM akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Juli 2021 ini merupakan sebuah live virtual event yang dapat disaksikan melalui kanal YouTube Kemenkop dan Shopee Live.
Bagi para pelaku UKM yang ingin berpartisipasi dalam program ini ada tahapan-tahapan yang perlu diikuti selama rangkaian acara sebelum tanggal 21 Juli. Yaitu tahap kurasi, lalu mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal. Seluruh tahapan tersebut berlangsung dari tanggal 5 sampai 21 Juli 2021.
Aneka aktivitas menarik pun sudah dirancang untuk program Live Shopping Produk UKM. Sebut saja Ngobrol dan Ngobral. Ngobrol adalah acara talkshow bersama Kemenkop UKM dan salah satu speakers webinar yang dipandu oleh moderator. Sementara Ngobral, adalah program review dan jualan produk UMKM yang diarahkan langsung menuju landing page marketplace bersama Influencer.
“Shopee terus berkomitmen untuk bahu membahu bersama KemenkopUKM Republik Indonesia, menyelenggarakan program ini yang sudah memasuki tahun ke-2, dengan harapan digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM di negeri ini,” sebut Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.
“Oleh karena itu, ekosistem dan SDM digital di dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini. Ini merupakan wujud nyata Shopee dalam mendukung perkembangan bisnis digital di Indonesia. Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya,” lanjutnya.
Bagi Anda yang tertarik untuk mencari informasi lengkap seputar program Live Shopping Produk UKM, silakan kunjungi sosial media Instagram dan Facebook Page @kemenkopUKM dan website www.https://kemenkopukm.go.id/.[]