Pandemi Dorong Transformasi Digital di Indonesia

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Pelopor/Kemenko Perekonomian)

Pelopor.id | Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia telah berhasil mengakselerasi transformasi digital dalam kehidupan sehari-hari, termasuk terhadap sektor keuangan di tengah pandemi.

“Ini merupakan peluang untuk melakukan akselerasi transformasi digital di sektor keuangan sehingga tentunya berkontribusi positif terhadap pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga dalam OJK Innovation Virtual Day 2021 secara virtual, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Menko Airlangga: Keberhasilan Program Prakerja Tergantung Penerimanya

Ia mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen mendorong percepatan transformasi digital di seluruh aspek penunjang aktivitas ekonomi, terutama aktivitas ekonomi digital di Indonesia yang terus mengalami peningkatan.

Airlangga juga mengungkapkan bahwa Indonesia berhasil menjuarai transaksi ekonomi digital di Asia Tenggara pada tahun 2020, dengan 41,9 persen transaksi ekonomi digital di Kawasan Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Saat ini, total transaksi ekonomi digital Indonesia telah mencapai US$ 44 miliar dan mayoritas disumbang oleh e-commerce.

Baca juga: Menko Airlangga Harap Monash University Bentuk Generasi Muda RI Berdaya Saing Tinggi

Meski demikian, Indonesia masih memiliki sejumlah tantangan dalam menciptakan ekosistem ekonomi digital yang baik. Indeks Inovasi Global Indonesia tahun 2020 menunjukkan Indonesia di posisi 85 dari 131 negara. Sementara, Indeks Literasi Digital Indonesia tahun 2020 berada pada skala sedang.

“Situasi ini membutuhkan terobosan baru dari seluruh pihak. Pembangunan infrastruktur digital, pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), dan regulasi merupakan kunci utama dalam mewujudkan ekosistem ekonomi digital yang mendukung pemulihan ekonomi di berbagai sektor, termasuk sektor keuangan,” ucap Airlangga. []