Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021, Kompetisi Esports Perempuan

0
Ilustrasi esports. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bersama Dyandra Promosindo menggelar kompetisi esports khusus perempuan, yang diberi nama Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021: Mobile Legends Series 2021. Ini adalah kompetisi kedua yang digelar oleh ASENSI bersama Dyandra Promosindo.

Ketua ASENSI Susanty Widjaya menjelaskan latar belakang dibuatnya acara ini dalam konferensi pers secara virtual, pada Jumat (08/10/2021). Ia menyebut perkembangan esports yang makin pesat, membuat gender tak lagi jadi masalah. Kini, ada banyak pemain esports perempuan yang berpotensi dan harus diberikan wadah yang tepat.

Baca juga: Infinix Zero X Series Mendarat di Indonesia

Susanty juga menegaskan, kesetaraan gender wajib ada di antara para pemain esports Indonesia. Pasalnya, meski jumlah pemain esports perempuan masih kecil, mereka memiliki kemampuan yang tak kalah jago.

Ia berharap, penyelenggaraan kompetisi ini mampu memberikan kontribusi positif dan kerja nyata bagi perkembangan esports di Indonesia, terutama mendorong pemain esports perempuan. Hadiah turnamen ini mencapai Rp 120 juta. Babak kualifikasinya sudah dibuka sejak 27-30 September 2021, sedangkan babak grup digelar 4-13 Oktober 2021.

Baca juga: Hari Game Indonesia, #MainGameLokal dan #BeliGameLokal Digemakan Kemenparekraf

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, industri game bisa menjadi modal tersendiri untuk membangkitkan subsektor ekonomi kreatif (ekraf) di tengah pandemi. Menurutnya, dari 17 subsektor ekraf di Indonesia, pada 2020, aplikasi dan permainan atau game menjadi contributor terbesar ke-7 terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekraf Indonesia.

“Nominal sebesar Rp 24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen sumbangan subsektor aplikasi dan game developer untuk PDB nasional,” ucapnya dalam rilis pers di laman Kemenparekraf, beberapa waktu lalu.

Sandi mengatakan, hal ini juga sejalan dengan janji Presiden Jokowi untuk mengembangkan esports dan industri gaming, yang menjadi salah satu modal bangsa. Sandi juga berkomitmen akan terus berupaya membuka akses pasar seluas-luasnya bagi para pelaku ekraf, khususnya di subsektor aplikasi atau game. []