Sekjen Gemabudhi: Mari Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda Buddhis

0
Gemabudhi
Kegiatan Pembinaan wawasan kebangsaan umat Buddha Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. (Foto:Pelopor.id/Gemabudhi)

Pelopor.id | Jakarta – Kegiatan Pembinaan wawasan kebangsaan umat Buddha Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, di selenggarakan oleh Pembimas Buddha Kanwil kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. Hadir sebagai narasumber di acara tersebut, Sekretaris Jenderal Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Suprionoto Wijaya.

Kegiatan itu, juga di hadiri oleh Pembimas Buddha Jawa Barat Boddhi Giriratana, Penyelenggara Buddha Kota Bekasi Edwin S.Kom, Penyelenggara Buddha kabupaten Bogor Handrian Wijaya, S.E., M.M, Penyelenggara Jakarta Timur Pandu Dinata, S.Kom serta perwakilan Pemuda Vihara dan majelis yang ada di Jawa Barat.

Suprionoto Wijaya, Gemabudhi
Sekjen Gemabudhi Suprionoto Wijaya. (Foto:Pelopor.id/Gemabudhi)

Dalam dialog yang mengambil tema Aktualisasi wawasan kebangsaan di era millenial, Suprionoto menjelaskan, untuk meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan, perlu dimaknai nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus dasar negara, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45 demi memantapkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan.

Menurut Suprionoto, ideologi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Sedangkan NKRI adalah bentuk negara yang terdiri dari banyak wilayah dan kepulauan yang tersebar dengan keanekaragaman adat, suku, budaya, dan keyakinan yang memiliki tujuan dasar menjadi negara merdeka.

Sehingga untuk meningkatkan kecintaan kepada NKRI, seluruh warga negara harus membangun rasa saling menghargai dengan segala macam perbedaan latar belakangnya.

Di akhir dialog, Suprionoto mengajak seluruh Generasi Buddhis yang ada di Jawa Barat untuk memperkuat wawasan kebangsaan serta meng-aktualisasikan di dalam kehidupan berbangsa. []