Bank Indonesia Siap Luncurkan Rupiah Digital Tahun Depan

0

Pelopor.id – Bank Indonesia, siap meluncurkan Central Bank Digital Currency atau Rupiah Digital pada tahun depan. Hal ini diungkapkan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam webinar bertajuk Outlook Perekonomian Jakarta 2022: Herd immunity & Pemulihan Ekonomi.

Perry Warjiyo menyebutkan, rupiah digital saat ini tengah dalam tahap finalisasi, dan Bank Indonesia segera mengumumkan konsep berikut disainnya pada tahun 2022.

“Kami dalam proses untuk penerbitan Rupiah Digital, Insyaallah pada 2022 kami akan luncurkan. Kami akan umumkan konseptual desainnya, sekarang dalam tahap finalisasi,” tutur Gubernur BI, Jumat, 24 Desember 2021.

Perry Warjiyo menambahkan, penerbitan Rupiah Digital menjadi bagian dari komitmen BI dalam Presidensi G20 Indonesia, mengingat pembahasan Central Bank Digital Currency menjadi salah satu fokus utama pertemuan.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan, selain Indonesia berbagai negara di dunia juga aktif mengembangkan digital currency, dengan pendekatan yang bervariasi, tergantung pada kondisi yang di hadapi oleh masing-masing negara.

Adapun Rupiah Digital, nantinya akan memudahkan transaksi masyarakat di tengah perkembangan digitalisasi yang semakin marak. Dengan adanya Rupiah digital, masyarakat akan memiliki preferensi untuk melakukan pembayaran secara non tunai atau cashless. []