TNI AD Gelar Uji Fungsi Litbanghan Prototipe I Laser Warning System untuk Tank Scorpion

0
Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD menggelar Uji Fungsi Program Litbanghan Prototipe I Laser Warning System (LWS) untuk kendaraan tempur (ranpur) Tank Scorpion, Kamis, (11/11/2021). (Foto: Pelopor/tniad.mil.id)

Pelopor.id | Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) yang berlokasi di Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad Bandung, Jawa Barat, menggelar Uji Fungsi Program Litbanghan Prototipe I Laser Warning System (LWS) untuk kendaraan tempur (ranpur) Tank Scorpion, Kamis, (11/11/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama mengatakan bahwa uji fungsi diadakan sesuai Tugas Pokok dan Fungsi Dislitbangad, yaitu menyelenggarakan fungsi Litbang Angkatan Darat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Dalam pembinaan fungsi tersebut juga menyelenggarakan kegiatan yang berkenaan dengan kegiatan pembinaan organisasi, sarana prasarana, profesi Litbang, peranti lunak (peraturan dan petunjuk) Litbang, penataran dan pelatihan terkait dengan Litbang TNI AD.

Terry menyebutkan, rangkaian kegiatan meliputi uji statis, di antaranya pengukuran dimensi alat LWS yang terdiri dari panjang, lebar, tinggi dan berat serta jumlah komponen perangkat lunak. Sedangkan untuk uji dinamis, di antaranya uji kemampuan dan kelancaran kerja.

Baca juga: TNI Gelar Latihan Lintas Instansi Penanggulangan Bencana

Adapun latar belakang penelitian LWS adalah teknologi laser yang saat ini semakin banyak digunakan dalam aplikasi militer, terutama dalam teknologi pertempuran. Seiring berkembangnya teknologi laser, maka semakin tinggi juga perkembangan alat pendeteksi laser.

“Sistem laser yang umum digelar di lapangan adalah Laser Warning System atau LWS. LWS yang dimiliki TNI AD saat ini masih sangat terbatas, sedangkan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) membutuhkan alat LWS yang cukup banyak untuk melengkapi ranpur-ranpur yang dimiliki dalam mendeteksi bidikan laser musuh, ” ujar Terry.

Pembuatan LWS ini diharapkan mampu memberikan solusi untuk aplikasi LWS di ranpur Tank Scorpion yang dimiliki Pussenkav melalui Litbanghan, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri.

Baca juga: DPR Setujui Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Dislitbangad selaku satuan yang melaksanakan Fungsi Litbang di jajaran TNI AD, bekerja sama dengan PT. Respati Solusi Rekatama, selaku industri bidang pertahanan melakukan kegiatan litbang berupa Prototipe I Laser Warning System untuk ranpur Tank Scorpion.

Kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, di antaranya manfaat bagi personel Litbang sebagai insan peneliti dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bidang teknologi pendeteksi laser, sedangkan bagi PT. Respati Solusi Rekatama diharapkan mampu meningkatkan kemampuan produksi LWS dalam negeri, guna mendukung kesiapan Alut/Alutsista untuk kepentingan TNI AD serta pemberdayaan Industri Pertahanan Nasional.

Dari uji fungsi kali ini akan diadakan evaluasi terhadap kemampuan alat LWS dan jika berhasil dengan baik, ke depannya dapat dikembangkan Prototipe II untuk mendukung kelengkapan alutsista di masa yang akan datang. []