TNI Gelar Latihan Lintas Instansi Penanggulangan Bencana

0
TNI Gelar Latihan Lintas Instansi Penanggulangan Bencana. (Foto: Pelopor/tniad.mil.id)

Pelopor.id | Bencana alam menuntut kesiapsiagaan institusi terkait, termasuk TNI, untuk membantu penanggulangan yang terjadi, salah satunya seperti di Bengkulu.

Terkait hal itu, Korem 041/Garuda Emas, Kodam II/Sriwijaya menggelar Latihan Penanggulangan Bencana TA. 2021, yang dibuka langsung oleh Danrem 041/Gamas di Gedung Balai Prajurit Korem 041/Garuda Emas Kota Bengkulu, pada Senin (08/11/2021).

Dalam keterangan tertulis, Danrem 041/Gamas menyebutkan, selain melatih kesiapsiagaan para prajurit, latihan ini juga digelar untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi sewaktu-waktu, sesuai tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latihan yang digelar selama 5 hari ini juga diikuti oleh 150 personel gabungan, yang terdiri dari Lanal Bengkulu, Polda Bengkulu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, anggota BPBD Provinsi Bengkulu, Basarnas Provinsi Bengkulu, PMI, Satpol PP Provinsi Bengkulu serta Tagana Provinsi Bengkulu.

Ketika membuka latihan, Komandan Korem 041/Garuda Emas Brigjen TNI Dr. Handoyo M.Tr (Han) menyebutkan bahwa sangat penting untuk memiliki persepsi yang sama di antara seluruh pihak yang terlibat dan wewenang dalam penanganan suatu bencana.

Ia juga menjelaskan tahap-tahap latihan penanggulanganan bencana alam, terdiri dari Pembekalan Materi, TTX (Table Top Exercise), Drill Teknis dan Drill Taktis. “Kita berharap menghasilkan sesuatu persepsi yang sama, sehingga apabila terjadi bencana alam yang akan datang, mungkin dari skala kecil atau skala besar, siapa berbuat apa, kapan di mananya itu harus jelas,” ujarnya.

Dalam penanggulangan bencana alam juga perlu diperhatikan tiga hal. Pertama, Statistics Thinking (cara berpikir dan mengkonsep semua data untuk digunakan bergerak dalam penanggulangan bencana alam).

Kedua, Critical Thinking (cara berpikir mengetahui hal-hal yang kritis, prioritas dan urgensi), dan ketiga, System Thinking (cara berpikir secara sistem) suatu bagian yang mempunyai fungsi bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. []