8 Cara Alami Mencerahkan Wajah Kusam

0
Sejumlah cara alami mencerahkan wajah kusam, salah satunya dengan buah lemon. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Setiap perempuan pasti ingin memiliki wajah yang cerah. Namun, kenyataannya masih banyak perempuan yang mengalami masalah wajah kusam atau berminyak. Hal itu pun membuat kaum hawa melakukan berbagai cara, mulai dari rutin memakai skincare hingga menjalani perawatan wajah dengan alat medis.

Tapi tahukah Anda bahwa ada cara dengan bahan alami yang bisa mencerahkan kulit dan pastinya langkah ini lebih aman untuk kesehatan kulit Anda. Selain itu juga lebih murah dan praktis, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

1. Buah Lemon

Lemon adalah buah yang sangat kaya vitamin C dan juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

Anda bisa mengonsumsi jus lemon secara rutin untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh Anda. Kemudian, perasan air lemon bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami, lalu Anda bisa menggosokkan kulit lemon di area leher untuk menghilangkan bintik-bintik hitam.

2. Masker Tomat

Seperti lemon, tomat juga kaya akan vitamin C. Menurut FoodData Central, dalam 100 gram tomat, terdapat 13.7 mg vitamin C.

Menggunakan tomat pada wajah dapat membuat wajah lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

Untuk membuat masker tomat, campurkan 1/2 buah tomat matang dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

Selain itu, Anda juga dapat menghancurkan tomat secukupnya hingga halus, lalu rendam kapas ke dalamnya, kemudian gosokkan kapas secara perlahan pada wajah. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker Madu

Madu sangat berguna bagi industri kosmetik karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antiseptik dan pencerah kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda bisa menggunakan masker wajah yang terbuat dari madu dan oatmeal.

Campurkan satu kuning telur dengan dua sendok makan madu dan tiga sendok makan bubuk oat halus. Setelah menjadi pasta kental, oleskan dengan lembut ke wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air. Jalankan ritual ini selama dua kali seminggu.

Selain dengan oat, Anda juga bisa memanfaatkan jeruk lemon. Caranya, campur satu sendok teh madu dan satu sendok teh air lemon, kemudian dioleskan ke wajah sesuai jalur pertumbuhan rambut. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air.

4. Masker Kunyit

Penelitian dalam “Advances in Experimental Medicine and Biology” menyebutkan, kurkumin dalam kunyit berfungsi melindungi kulit dengan memadamkan radikal bebas dan mengurangi peradangan dengan menghambat faktor nuklir-KB.

Penggunaan kurkumin juga mampu meningkatkan kolagen, fibroblas dan kepadatan pembuluh darah, sehingga meningkatkan penyembuhan luka.

Untuk membuat masker kunyit, Anda bisa mencampurkan secangkir yoghurt tawar dengan satu sendok teh kunyit. Lalu oleskan lapisan merata pada kulit, biarkan selama 10-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Masker Yoghurt

Kali ini, Anda bisa mencerahkan wajah dengan menggunakan masker yoghurt. Seperti diketahui, Yoghurt memiliki kandungan antibakterial alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan juga memiliki sejumlah kandungan bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Campurkan 1 sendok teh yoghurt dan madu dengan 1/2 pisang halus. Lalu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit, setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air. Langkah ini bisa membersihkan kulit Anda dari paparan sinar matahari dan kotoran akibat polusi.

6. Bubuk Kopi

Bubuk kopi murni dapat digunakan untuk mengeksfoliasi wajah sehingga tampak cerah. Ampasnya tidak larut dalam air sehingga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba yang mampu membantu melindungi kulit dari kuman, dan kandungan kafein dapat meningkatkan sirkulasi yang baik sehingga kulit wajah tampak lebih cerah.

Campurkan bubuk kopi dengan gula pasir, lalu eksfoliasi wajah secara lembut. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat.

7. Minyak Kelapa

Sifat antioksidan dan antibakteri dari minyak kelapa mampu memperbaiki kulit yang rusak sambil melawan tanda-tanda penuaan dini.

Anda dapat memijat wajah dengan minyak kelapa hangat setiap hari di wajah agar kulit tetap lembab. Bahkan tidak hanya wajah, Anda juga bisa membalurnya ke seluruh tubuh Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker, dengan mencampurkan dua sendok makan minyak kelapa dan dua sendok makan madu. Kemudian dioleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

8. Scrub Gula

Gula tidak hanya berfungsi sebagai pemanis, namun bisa juga untuk mencerahkan wajah. Pasalnya, butiran gula halus bisa menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah.

Anda cukup mencampur satu sendok makan gula merah dan gula putih, lalu tambahkan sedikit air. Setelah menjadi pasta yang cukup halus, Anda bisa mengoleskannya pada wajah dan lakukan gerakan memutar secara perlahan.

Dengan cara ini, sel-sel kulit mati yang tertumpuk di atas permukaan kulit bisa terkikis dengan baik. []