Menko PMK Buka Digital Talent Scholarship Tahun 2021

Muhadjir Efendy
Menko PMK Muhadjir Efendy. (Foto: Pelopor.id/Kemenko PMK)

Pelopor.id | Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah saat ini tengah berfokus membangun Sumber Daya Manusia Indonesia (SDM) unggul dan berdaya saing di bidang teknologi digital.

Apalagi menurut Muhadjir, Indonesia saat ini tengah menyongsong 100 tahun usia kemerdekaan pada tahun 2045 mendatang. Maka dari itu, SDM yang mampu menguasai teknologi informasi digital mutlak untuk dipersiapkan sejak sekarang.

Hal ini, diungkapkan Menko PMK dalam pembukaan program Digital Talent Scholarship 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo, secara daring, pada Senin, 23 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

“Teknologi digital merupakan modalitas utama dalam pembangunan manusia Indonesia untuk menghadapi dinamika global yang penuh tantangan di saat pandemi ini maupun ke depan nanti” tutur Menko Muhadjir.

“Pandemi ini mendorong terjadinya perubahan struktural yang sangat cepat. Semua harus mampu dengan cepat mengadopsi dan beradaptasi dengan digitalisasi,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pandemi Covid-19 telah memaksa semua untuk melakukan transformasi dan mengadopsi teknologi digital jauh lebih awal dari pada yang diperkirakan.

Misalnya dalam aspek kesehatan telah muncul ragam inovasi dan invensi teknologi kesehatan. Dalam aspek ekonomi muncul perekonomian digital. Dalam aspek pendidikan, pembelajaran daring menjadi hal lumrah.

Mantan Mendikbud itu menerangkan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan SDM Indonesia yang unggul di bidang teknologi digital dan bidang lainnya.

“Di antaranya melalui Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah, beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), beasiswa Peningkatan Peserta Akademik (PPA), beasiswa Unggulan, Kartu Pra Kerja, serta beasiswa lain yang didanai dari hasil pengembangan Dana Abadi Pemerintah yang dilakukan oleh LPDP,” tegasnya.

Baca Juga :   Potensi Kerugian Akibat Aksi Mogok Pelaku Pariwisata Labuan Bajo dan Solusinya

Selain itu, Muhadjir menerangkan, adanya program Digital Talent Scholarship Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo menjadi salah satu dari sekian banyak intervensi pemerintah Indonesia dalam upaya mewujudkan SDM Indonesia yang unggul khususnya di bidang teknologi digital.

Dia berharap, para peserta Digital Talent Scholarship nantinya akan menjadi motor penggerak digitalisasi di berbagai bidang.

“Keterampilan yang didapat harus dikembangkan terus menerus. Tidak hanya didapat ketika mengikuti pelatihan ini, tetapi justru yang lebih penting harus menjadi gaya hidup, cara hidup, dan bagian dari state of mind para peserta yang ikut latihan ini,” tandasnya.[]

Pos terkait